Yogyakarta
+62 852 9095 1223
cs@empowerment.co.id

Credit Risk, Receivable and Corp. Collection Management

Empowerment lembaga penyedia pelatihan dan pendidikan SDM, Pusat informasi pelatihan dan diklat, informasi pelatihan dan jadwal training, peatihan sdm, jadwal pelatihan terbaru 2021, jadwal pelatihan dan diklat terbaru 2021

Credit Risk, Receivable and Corp. Collection Management

Credit Risk, Receivable and Corp. Collection Management

Training Credit Risk, Receivable and Corp. Collection Management

Kualitas penjualan dapat dikatakan baik apabila penjualan tersebut dapat menghasilkan cash (ter-collect). Penjualan yang tinggi tidak akan ada arti apa-apa bila pada akhirnya tidak bisa ter-collect. Menyadari hal tersebut saat ini banyak perusahaan mulai menaruh perhatian besar terhadap receivable dan collection. Fungsi penjualan
tidak dapat berdiri sendiri dengan hanya ingin mencapai target penjualan saja. Perusahaan harus dapat menyeimbangkan antara target penjualan dan collectibility dari client. Artinya perusahaan harus dapat menganalisa calon dan existing customer atau klien. Ada customer yang mampu membayar tetapi tidak mau (bad character).

Pengelolaan piutang (A/R) dan penagihan (collection) bila dilakukan secara terpadu dan profesional akan membantu manajemen dalam pengawasan arus kas dan pembenahan manajemen arus kas yang lebih baik”

Lokakarya ini dirancang secara khusus untuk membekali Anda dengan konsep dan metode dalam menganalisa customer (analisa credit), pengelolaan piutang beserta sistem yang efektif dalam penagihannya sebagai bagian dari penataan arus kas di perusahaan Anda.

Tujuan 

  1. Membekali peserta dengan teknik yang aplikatif dalam menganalisa faktor-faktor resiko kredit melalui pemahaman calon customer, apa saja yang perlu diketahui, bagaimana caranya dan bagaimana menarik
    kesimpulan dari analisa tersebut.
  2. Membekali teknik melakukan analisa credit apabila tidak tersedia laporan keuangan calon customer serta analisa kualitatif
  3. Meningkatkan kemampuan peserta dalam menganalisis dan mengendalikan piutang
  4. Meningkatkan kemampuan peserta dalam mengenali kecurangan dan mengontrol Receivable
  5. Meningkatkan pemahaman peserta mengenai dasar-dasar perhitungan di dalam management Collection serta sistem Collection yang terukur, terorganisir dan terkendali
  6. Membekali peserta dengan strategi-strategi dalam pengelolaan management collection yang handal
  7. Membekali peserta dengan teknik negosiasi yang efektif sebagai bagian dari upaya peningkatan produktifitas collector
  8. Secara keseluruhan pelatihan ini akan meningkatkan kualifikasi, kompetensi, dan peran serta Anda dalam mengamankan arus kas perusahaan atau dalam pengelolaan keuangan secara umum

Materi  

Pada lokakarya yang mengkombinasikan lektur, latihan, kasus, dan diskusi/sharing experience ini akan disajikan materi-materi penting sebagai berikut :

I. CREDIT RISK MANAGEMENT

1.1. Faktor-faktor resiko kredit yang perlu dianalisa
1.2. Menentukan tingkat resiko dan exposure
1.3. Analisa Laporan keuangan : 6 ratio dan CFFO
1.4. Menentukan credit terms dan credit limit
1.5. Analisa keuangan tanpa laporan keuangan
1.6. Analisa kualitatif
1.7. Teknik menganalisa ”character”

II. RECEIVABLE MANAGEMENT

2.1. Pengertian Piutang dan dampaknya terhadap Arus Kas
2.2. Analisis Aging Schedule yang menyeluruh
2.3. Kecurangan yang berkaitan dengan Receivable
2.4. Control Receivable
2.5. Pengaruh mata uang asing pada receivable dan penangulangannya
2.6. Pengukuran kinerja collection

III. CORPORATE COLLECTION MANAGEMENT

3.1. Memahami tingkat tawar menawar dalam menentukan strategy
collection
3.2. Konsep serta Aplikasi dalam menjalankan collection process
3.3. Teknik dalam menghadapi customer yang ”nakal”
3.4. Negotiation Skill for Collector

Jadwal/Agenda Pelatihan
- 14-16 Januari 2025
- 4-6 Februari 2025
- 18-19 Maret 2025
- 22-24 April 2025
- 6-8 Mei 2025
- 17-19 Juni 2025
- 8-10 Juli & 29-31 JuIi 2025
- 26-28 Agustis 2025
- 16-18 September 2025
- 7-9 Oktober 2025
- 11-12 November 2025
- 2-4 Desember & 16-18 Desember 2025

FasilitasMetode Pelatihan
- FREE Airport pickup service (Gratis Antar jemput Hotel/Bandara/Stasiun/Terminal)
- FREE TransporsiPeserta ke tempat pelatihan .
- Module atau Handout
- FREE Flashdisk
- Sertifikat
- FREE Bag or bagpackers (Tas Training)
- Training Kit (Dokumentasi photo, Blocknote, ATK, etc)
- 2x Coffe Break & 1 Lunch, Dinner
- FREE Souvenir Exclusive
- Training room full AC and Multimedia
- Presentasi
- Diskusi
- Case Study
- Simulation
- Evaluation (Pre and Post Test)
- Kunjungan/Praktek (Menyesuaikan/tentative)

Catatan:
Hotel untuk pelatihan ada beberapa pilihan seperti Hotel Ibis, Hotel Aston, Hotel Amaris, Hotel Cavinton, Hotel Hyatt, Hotel Grand Aston, Novotel, Hotel Harris, Hotel 101, Hotel Grand Mercure,Ritz Carlton, Hotel Ibis Style dan masih banyak pilihan menarik lainnya.

Apabila perusahaan membutuhkan paket in house training anggaran investasi pelatihan dapat menyesuaikan dengan anggaran perusahaan. Dapatkan harga spesial untuk pengiriman minimal 3 peserta dari perusahaan yang sama dan dapatkan private class untuk kebutuhan pelatihan yang exclusive.

Informasi lebih lanjut bisa menghubungi kami di 085290951223 atau email  infodiklat.indonesia@gmail.com

 

Comments are closed.